search

Loading

Selasa, 08 Januari 2013


LAPORAN TAHUNAN MICROSOFT OFFICE EXEL

Langkah-langkah Pembuatan Laporan Tahunan:
1. Buka menu Mc.excel pada komputer kamu
2. Dalam Laporan Tahunan Kali ini buat sheet sebanyak 20 buah,,,
tapi,,buat perbedaan antara nama sheet-sheet tersebut,,,yang mana:
:* pada sheet 1
à
beri nama data
:*  pada sheet 2àberi nama bulan, untuk nama bulan lakukan sampai sheet 4 ,,yaitu dari bulan Januari sampai Bulan Maret (Januari”sheet “2, Februari”sheet 3”, Maret”sheet4”).
:*untuk sheet selanjutnya yaitu sheet ke 5,beri nama Caturwulan 1
:* Pada sheet ke 6 beri  nama sheet dengan nama bulan selanjutnya Yaitu pada sheet 6 beri bulan april , sheet 7 beri bulan mei dan sheet 8 beri nama bulan juni
:*untuk sheet ke 9 beri nama caturwulan 2 dengan cara yang sama dengan langkah sheet ke 5 tadi.
:*dan pada sheet 10 beri nama semester 1
:*untuk sheet 11 sampai sheet 13,beri nama dengan bulan juli, Agustus dan September.
:*dan pada sheet selanjutnya atau sheet 14  beri nama caturwulan 3
:* kemudian untuk sheet ke 15 sampai 17 beri nama dengan nama bulan Oktober, November dan Desember.
:* pada sheet 18 beri nama caturwulan 4 
:*selanjutnya pada sheet 19 beri nama semester 2 
:* dan pada sheet terakhir beri nama tahunan (sheet 20)
 “agar terlihat lebih menarik,,beri warna yang berbeda di setiap sheetnya,,,:)
3. Pada sheet data, buatlah data sesuai yang kamu butuhkan. Dan pada sheet ini juga bisa ditambahkan nama instansi, kab/kota, tahun. data ini berupa tabel dengan format tabel, target, pelopor dan pimpinan.

pada format bulan ubah name box nya yaitu bulan Januari dengan name box Jan, Februari dengan name box feb, bulan Maret dengan name box Mar, Bulan April dengan name box Apr,bulan Mei dengan name box Mei, Juni dengan name box jun, Juli dengan name box jul, Agustus dengan name box Agus,september dengan name box Sept, Oktober dengan name box Okt, November dengan name box Nov, dan bulan Desember dengan name box Des.

pada format pelopor buat name box menjadi natgpjan pada bulan januari dan juga begitu pada bulan seterusnya

pada format pimpinan buat name box menjadi napimjan pada bulan januari dan juga begitu pada bulan seterusnya 

4. pada sheet 2 buat tabel sesuai dengan jenis data yangingin kamu buat, buat judul laporan dengan formula :
=JUDUL&"PUSKESMAS"&PKM&" "&KAB"BULAN"&JAN&"TAHUN"&TAHUN

5. pada format tabel yang telah dibuat tuliskan comment pada tabel itu
    langkah
a. letakkan kursor pada bagian tabel yang akan dicomment
b. KEMUDIAN klik kanan
c. akan tampak banyak menu ,,kemudian kamu pilih insert comment
d. Akan datang kolom tempat kamu akan menuliskan comment.,tuliskan comment sesuai keinginan mu,,

6. edit tabel yang akan kamu dibuat dengan menggunakan formula seperti:
Jumlah data pada tabel dengan formula  =Sum
untuk rata-rata dengan formula =Average
untuk menghitung data yang dibutuhkan dengan formula =Countif

7. buatlah catatan di bawah tabel yang telah kamu  buat dengan formula:
="catatan: pada bulan "&JAN&" ini, jumlah posyandu yang perlu dibina D/S nya adalah "&countif (K7:K17,"BINA" posyandu dan N/D nya sebanyak "&countif(L7:L17,"BINA")&"posyandu"

8. Untuk tanggal pembuatan gunakan formula :
=TEMPAT",5 "&FEB&" "&TAHUN


9. Untuk pimpinan puskesmas dengan formula:
="pimpinan puskesmas"&" "&PKM

10. buatlah grafik untuk menambah data anda pada mic excel
       dengan cara :
       1. Blok data yang ingin dibuat dalam bentuk grafik
       2. pilih insert pada menu Bar
       3. Klik chart
       4. pilih jenis chart yang akan kamu dibuat
       5. Dan klik finish


10. copy kan semua data pada sheet kedua untuk bulan berikutnya, dan ubah judul dengan formula yang ada pada sheet 1 dengan menggunakan "JAN" menjadi "FEB" dan seterusnya.
11. Buatlah dalam bentuk tabel data-data yang akan dibuat di sheet dua.
Sesuikan data dalam diagram dengan cara:
klik kanan pada diagram > select data > pada daftar sheet dibawah pilihnya sesuai dengan  bulan yang akan diubah > blok data yang diinginkan > ok.

12. edit semua formula yang terdapat pada sheet data bulan januari dengan mengubah "JAN" menjadi bulan berikutnya.

13. Jangan lupa untuk membuat grafik pada sheet berikutnya sesuai dengan data pada bulan itu, pembuatan grafik sama seperti pada sheet di bulan Januari.

14. Agar lebih mudah pemindahan tabel pada semua sheet, copy semua data pada cell kosong disamping cell A lalu copy dan pastekan pada semua sheet.

15. Dan apabila semua data dalam mic.excel kamu sudah selesai,,kamu bisa melindungi data tersebut dengan cara:
ctrl+1 > tools > protection > ketik password yang akan anda gunakan untuk memprotect sheet anda > ok

16. SELESAI,,
contoh dari Laporan Tahunan pada Microsoft Excel:
SELAMAT MENCOBA,,,,SUKSES YAA,,,, terima Kasih,,,:*

          Tulisan ini juga bisa diliat di bloq aku yang lain,,,
                                                                             “AyuNda”

1 komentar:

  1. usaha yang tak sia-sia buat nya,,hehe:)
    thnk u Allah ,,Thank u orang rua ku,,,:)

    BalasHapus